Search Article

Rabu, 13 Juli 2011

Hukum Gauss

Michael Faraday memperkenalkan cara menggambarkan medan (listrik, magnet, maupun gravitasi) melalui konsep garis gaya (garis medan). Garis gaya adalah garis-garis lengkung dalam medan yang dapat menunjukkan arah serta besarnya E pada setiap titik masing-masing dengan garis singgung dan kerapatan garisnya pada titik yang bersangkutan
Garis-garis gaya berawal pada titik muatan positif dan berakhir pada titik muatan negatif. Diantara titik awal dan titik akhir, garis gaya selalu kontinu dan tidak mungkin berpotongan, kecuali pada titik muatan lain yang terdapat diantaranya
Jumlah garis-garis gaya listrik yang menembus suatu permukaan secara tegak lurus didefenisikan sebagai fluks magnetic . Bila diketahui kuat medan E, maka jumlah garis gaya d yang menembus suatu elemen dA tegak lurus pada E adalah :
Bila permukaan dA tidak tegak lurus maka jumlah garis yang keluar dari dA haruslah
Dimana dA = ndA atau n adalah vektor normal dan sudut antara dA dengan bidang yang tegak lurus pada E. Bila kuat medan pada elemen seluas dA dan E, maka jumlah garis gaya yang keluar dari seluruh permukaan S adalah :
Elemen luas dA berada pada permukaan S harga medan ;listrik E diambil semua titik pada permukaan S.
Fluks listrik total untuk seluruh permukaan
Tanda menyatakan integrasi yang meliputi seluruh permukaan A. Untuk permukaan tertutup, elemen dA tegak lurus permukaan dan arahnya keluar. Fluks total untuk permukaan tertutup
Ternyata ada hubungan yang erat antara fluks listrik pada suatu permukaan tertutup dengan muatan listrik yang berada dalam permukaan tersebut dan hubungan ini dikenal dengan hukum Gauss, yaitu”jumlah garis gaya yang keluar dari suatu permukaan tertutup sebanding dengan jumlah muatan listrik yang dilingkupi oleh permukaan tetutup tersebut. Secara matematis
Dimana S adalah suatu permukaan tertutup qi adalah jumlah muatan yang ada di dalam atau dilingkupi oleh permukaan tetutup S. jadi dengan hukum gauss kita dapat menentukan muatan yang ada di dalam permukaan tetutup, bila kita tahu berapa garis gaya yang keluar dari permukaan tetutup tersebut.
Contoh 4.
Di dalam ruang seperti pada gambar di atas terdapat medan listrik serba sama sebesar 10N/C berarah sumbu z kebawah. Hitung jumlah garis gaya yang keluar dari
a. Luas OABC (luas OABC = 2 m2)
b. Luas OFDC (luas OFDC = 2 m2)
Penyelesaian
a. Kuat medan listrik secara vector adalah 
E = -k 10 N/C Banyaknya garis gaya
Atau garis gaya banyaknya 20 buah dan arahnya menembus bidang OABC. Arah dA ada pada sumbu z positif sehingga d = dA
b. pada bidang ini dA = -jdA sehingga
Jadi banyaknya garis gaya = 0, berarti tidak ada garis gaya yang menembus bidang OFDC

Pemakaian Hukum Gauss

a. Distribusi muatan dalam konduktor

Di dalam konduktor dapat dialirkan arus listrik sebab elektron pada konduktor dapat bergerak bebas. Berbeda dengan isolator, semua elektron terikat pada masing-masing atom sehingga bila ada medan listrik, elektron tetap tidak bergerak, akibatnya tidak ada arus yang mengalir. Bila pada konduktor diberi muatan, maka akan tejadi perubahan distribusi elektron bebas. Setelah semua elektron menempati posisinya, medan listrik dalam logam harus sama dengan nol, sebab bila tidak maka elektron bebas akan bergerak dalam logam. Bila terus diberikan (melampaui keadaan setimbang), muatan ada pada permukaan logam . jika dipilih sebuah permukaan S tepat di bawah, maka menurut hukum Gauss muatan pada permukaan itu harus nol sebab medan listrik pada permukaan logam harus nol, atau:

b. Pelat Tipis Bermuatan

Bila kita mempunyai selembar pelat tipis dengan luas yang cukup besar diberi muatan +Q yang tersebar secara homogen pada pelat tersebut. Untuk menghitung kuat medan E pada jarak r, maka kita harus membuat permukaan gauss
Dari gambar dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut * Karena pelat luas dan muatan tersebar homogen, maka medan listrik harus serba sama dan tegak lurus pada pelat.
* Karena garis gaya untuk sejajar dan mempunyai kerapatan sama maka kuat medan yang dihasilkan disetiap tempat juga sama, baik besar maupun arahnya.
Untuk menghitung kuat medan listrik, maka dibut sebuah permukaan Gauss. Bentuk permukaan Gauss dipilih dengan tujuan untuk mempermudah persoalan. Jika dipilih permukaan Gauss yang berbentuk silinder dengan panjang 2r dan penampangnya berbentuk lingkaran. Permukaan tersebut dibagi tiga bagian * Tutup kanan S1 berbentuk lingkran
* Selubung silinder S2 berbentuk persegi empat * Tutup kiri S3 juga berbentuk silinder
Misalkan luas penampang silinder adalah A, maka rapat muatan = Q/A. karena muatan tersebut secara homogen , muatan yang terkandung dalam permukaan gauss S adalah Q2 =A. Hukum Gauss dengan Qs sebagai muatan yang terkandung dalam S. Selanjutnya integral tertutup dapat diuraikan menjadi :
suku pertama bagian kanan persamaan dengan elemen luas dA diambil pada S1 sehingga dA=idA dengan i sebagai vector satuan pada sumbu x positif. Sedangkan kuat medan E=+iE jadi :
Suku kedua pada bagian kanan persamaan sama dengan 0 sebab dA pada S2 berarah tegak lurus E . Pad suku ketiga, elemen luas dA pada S3 berarah ke kiri, jadi dA=-idA dan kuat medan listrik pada S3 juga berarah ke kiri, yaitu E=-iE: jadi :
Akibatnya menjadi :

c. Bola Bermuatan

Misalkan diambil sebuah bola terbuat dari bahan isolator dengan jari-jari R. Bola ini mempunyai muatan yang tersebar merata di dalam bola isolator tersebut. Kemudian , bagaimana menghitung kuat medan listrik di dalam dan diluar bola. Karena muatan tersebut merata dalam bola, rapat muatan dalam bola adalah :
Kita buat permukaan gauss berupa bola dengan jejari r. Hukum Gauss menyatakan
Dimana Q adalah muatan listrik yang dilingkupi oleh S1 dalam hal ini :
Pada permukaan Gauss,dA=rdA, sehingga E=rE, karena baik medan listrik maupun elemen luasan , keduanya dalam arah radial. Harga E tak bergantung pada arah , jadi juga tak bergantung pada dA. Dengan demikian integral permukaan pada Gauss dapat ditulis sebagai :
dari hukum Gauss diperoleh :
Untuk medan diluar bola , kita pandang titik Q di luar bola dan berjarak r dari pusat bola . Kuat medan pada titik Q dapat dihitung dengan membuat permukaan Gauss melalui titik Q dan menggunakan hukum Gauss. Permukaan Gauss S dibuat membentuk bola dengan jari-jari r.Hukum Gauss menyatakan
Muatan Q yang dilingkupi S sama dengan muatan tota; Q pada bola, Q = Q pada permukaan S, E sejajar dA, kuat medan E isotropic yang mempunyai besar sama pada semua titik di permukaan S. Hukum Gauss menjadi :
Persamaan diatas menyatakan bahwa kuat medan diluar bola sama dengan medan yang dihasilkan bila seluruh muatan Q terletak di pusat bola.

X. LISTRIK STATIS

X.1 Hukum Coulomb

Tinjaulah interaksi antara dua benda bermuatan yang dimensi geometrinya dapat diabaikan terhadap jarak antar keduanya. Maka dalam pendekatan yang cukup baik dapat dianggap bahwa kedua benda bermuatan tersebut sebagai titik muatan. Charles Augustin de Coulomb(1736-1806) pada tahun 1784 mencoba mengukur gaya tarik atau gaya tolak listrik antara dua buah muatan tersebut. Ternyata dari hasil percobaannya, diperoleh hasil sebagai berikut:
* Pada jarak yang tetap, besarnya gaya berbanding lurus dengan hasil kali muatan dari masing –masing muatan. * Besarnya gaya tersebut berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan. * Gaya antara dua titik muatan bekerja dalam arah sepanjang garis penghubung yang lurus. * Gaya tarik menarik bila kedua muatan tidak sejenis dan tolak menolak bila kedua muatan sejenis. Hasil penelitian tersebut dinyatakan sebagai hukum Coulomb, yang secara matematis:


k adalah tetapan perbandingan yang besarnya tergantung pada sistem satuan yang digunakan. Pada sistem SI, gaya dalam Newton(N), jarak dalam meter (m), muatan dalam Coulomb ( C ), dan k mempunyai harga :


sebagai konstanta permitivitas ruang hampa besarnya = 8,854187818 x 10-12 C2/Nm2. Gaya listrik adalah besaran vektor, maka Hukum Coulomb bila dinyatakan dengan notasi vector menjadi :


Dimana r12 adalah jarak antara q1 dan q2 atau sama panjang dengan vektor r12, sedangkan r12 adalah vektor satuan searah r12. Jadi gaya antara dua muatan titik yang masing-masing sebesar 1 Coulomb pada jarak 1 meter adalah 9 x 109 newton, kurang lebih sama dengan gaya gravitasi antara planet-planet. Contoh 1:

Muatan titik q1 dan q2 terletak pada bidang XY dengan koordinat berturut-turut(x1,y1) dan (x2,y2), tentukanlah : a. Gaya pada muatan q1 oleh muatan q2
b. Gaya pada muatan q1 oleh muatan q2


Penyelesaian : a. Gaya pada muatan q1 oleh muatan q2


b. Gaya pada muatan q2 oleh muatan q1


Dari hasil perhitungan bahwa gayanya akan sama besar namun berlawanan arah.

Prinsip Superposisi Dalam keadaan Rill , titik-titik muatan selalu terdapat dalam jumlah yang besar. Maka timbullah pertanyaan : apakah interaksi antara dua titik muatan yang diatur oleh Hukum Coulomb dapat dipengaruhi oleh titik lain disekitarnya? Jawabannya adalah tidak, karena pada interaksi elektrostatik hanya meninjau interaksi antar dua buah muatan, jika lebih dari dua buah muatan maka diberlakukan prinsip superposisi (penjumlahan dari semua gaya interaksinya).

Secara matematik, prinsip superposisi tersebut dapat dinyatakan dengan mudah sekali dalam notasi vektor. Jadi misalnya F12 menyatakan gaya antara q1 dan q2 tanpa adanya muatan lain disekitarnya, maka menurut Hukum Coulomb,


Begitu pula interaksi antara q1 dan q3 tanpa adanya muatan q2, dinyatakan oleh :




Maka menurut prinsip superposisi dalam sistem q1, q2 dan q3, gaya total yang dialami q1 tak lain adalah jumlah vector gaya-gaya semula :


Contoh 2 : Tiga buah muatanmasing-masing q1 = 4 C pada posisi (2,3), q2 = -2 C pada posisi(5,-1) dan q3 = 2 C pada posisi (1,2) dalam bidang x-y. Hitung resultan gaya pada q2 jika posisi dinyatakan dalam meter.

Penyelesaian :

 


X. 2 Medan Listrik

Medan adalah suatu besaran yang mempunyai harga pada tiap titik dalam ruang. Atau secara matematis, medan merupakan sesuatu yang merupakan fungsi kontinu dari posisi dalam ruang. Medan ada dua macam yaitu :
- Medan Skalar, misalnya temperatur, potensial dan ketinggian
- Medan vektor, misalnya medan listrik dan medan magnet
Untuk membahas suatu medan listrik, digunakan pengertian kuat medan, yakni : “Vektor gaya Coulomb yang bekerja pada suatu muatan yang kita lewatkan pada suatu titik dalam medan gaya ini”, dan dinyatakan sebagai E(r). dalam bentuk matematis :

Dengan menggunakan persamaan harus diingat ;
- hubungan ini hanya berlaku untuk muatan sumber berupa titik
- pusat sistem koordinat ada pada muatan sumber
- besaran yang digunakan dalam sistem MKS
- hubungan diatas hanya berlaku dalam vakum atau udara
X.2.1 Kuat Medan Listrik oleh Satu Muatan Titik
Muatan sumber q berupa muatan titik terletak pada vektor posisi r’, sedang titi p pada posisi r. Posisi relatif p terhadap muatan sumber adalah (r-r’), vektor satuan arah SP adalah

Jadi kuat medan listrik E di titik r oleh muatan q adalah
X.2.2 Kuat Medan Listrik oleh Beberapa Muatan Titik
Jika sumber muatan berupa beberapa muatan titik yang berbeda besar dan posisinya, maka kuat medan listrik resultan E (r )adalah penjumlahan masing-masing kuat medan, dimana secara matematis dinyatakan sebagai


Bila ada N buah muatan titik sebagai sumber, dengan muatan sumber q1 yang masing-masing berada pada jarak ri’, maka medan resultan pada vector posisi r adalah :

Contoh 3
Dua buah muatan berada pada bidang x-y dengan masing-masing muatan q1 = 7C pada pusat koordinat dan muatan q2 = 5 C terletak pada sumbu x positif berjarak 0,3 meter dari pusat koordinat.
a. tentukan besar dan arah kuat medan listrik di titik P yang terletak pada sumbu y positif yang berjarak 0,4 meter dari pusat koordinat.
b. Tentukan gaya yang dialami oleh muatan sebesar 2 x 10-3 C jika terletak di titik P.
Penyelesaian :

 


 

Minggu, 10 Juli 2011

PROPOSAL Lomba Karya Ilmiyah

Rabu, 06 Juli 2011

Manfaat Study Tour

 PENDIDIKAN  tidak hanya persoalan mengajar dan diajar, mendidik dan dididik. Lebih jauh daripada itu, pendidikan adalah proses memahami, menerjemahkan dan mengolah realitas untuk dipergunakan demi kepentingan bersama. Oleh sebab itu, pendidikan butuh variasi dan metode baru untuk menyampaikan pesannya. Salah satu dari metode tersebut adalah studi tour.
Di beberapa sekolah, ada tren yang sudah lama melekat yakni studi Darmawisata. Kegiatan Darmawisata ini biasanya dilakukan pada kelas yang paling atas. Umumnya yang melakukan studi tour ini adalah siswa kelas XII SMA. Objek wisata yang biasanya dikunjungi adalah Bali, khususnya pantai kuta dan beberapa wilayah yang dihuji suku Bali asli. Memang ada objek-objek lain, tapi Bali tetap menjadi primadona untuk studi tour ini.
Studi tour ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan budaya lain kepada anak didik. Melalui studi tour mereka diajak untuk melihat, mempelajari dan memahami budaya yang berbeda secara langsung. Artinya, mereka harus berhadapan dengan berbagai fenomena budaya yang sama sekali asing dari sudut pandang mereka sebelumnya.
Namun, dengan mempelajari secara langsung budaya orang lain, para siswa diharapkan mampu mengenal beragam kekayaan budaya yang ada. Di sisi lain, mereka diharapkan juga belajar mengenal dan menerima perbedaan yang ada. Sebab, konsep tentang perbedaan atau pluralisme selama ini hanya sebatas teori di bangku-bangku sekolah. Kini, melalui studi tour, halhal yang selama ini masih abstrak bisa benar-benar menjadi bagian dari kehidupan mereka yang nyata.
Menariknya, studi tour ini bisa dimanfaatkan sebagai waktu untuk rekreasi sekaligus mempelajari pengetahuan baru. Gambaran tentang Bali pasti mengundang orang untuk memikirkan dan membayangkan keindahan Pulau dewata tersebut beserta keindahan Pantainya yang selama ini menjadi impian sebagian besar orang di dunia. Meskipun dalam realitasnya, Bali tidak hanya mempertontonkan keindahan alamnya, tapi juga kekayaan adatnya. Bisa dikatakan bahwa masyarakat Bali adalah salah satu masyarakat di Indonesia yang masih memegang teguh hukum adatnya.
Berdasarkan pengalaman penulis saat mendampingi anak-anak SMA yang lagi studi tour, penulis mendapatkan mereka cukup menikmati kegiatan ini. Walaupun tak bisa ditepis juga, bahwa beberapa di antara mereka menganggap studi tour itu sebagai bentuk rekreasi yang dibungkus dengan kata-kata pelajaran.Namun, secara tak sadar sebenarnya mereka telah memasuki alam budaya dan adat istiadat orang lain.
Yang lebih membuat penulis terheran-heran adalah ternyata ada banyak sekolah yang melakukan studi tour pada bulan yang sama yakni Oktober. Hal ini mengantisipasi UN yang tahun kemarin dilaksanakan lebih awal dari biasanya.
Selain mendapatkan pengetahuan baru dan rekreasi, studi tour juga membangun kebersamaan dan keakraban di antara para pelajar. Ihwal yang di luar dugaan adalah kepekaan dan rasa solidaritas terhadap teman yang tidak mampu memenuhi kewajibannya untuk bisa berangkat ikut studi tour karena  kekurangan biaya.
Dari pengalaman penulis sendiri, beberapa anak melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan dana dan membantu teman mereka. Jiwa sosialnya ternyata tidak berhenti di situ, mereka juga menyisihkan sebagian uang saku untuk membantu temannya yang kekurangan. Hal ini sesuatu yang jarang ditemukan di antara siswa-siswi zaman sekarang. Situasi yang mendesak telah mampu menumbuhkan perasaan peduli di antara siswa-siswi tersebut.
Studi tour memang telah membuka mata dan telinga mereka akan eksistensi budaya orang lain dengan segala keunikan, perbedaan dan kekayaannya. Meskipun kita menyadari bahwa studi tour tidaklah mampu merepresentasikan kekayaan budaya bangsa kita. Akan tetapi, setidaknya metode belajar seperti ini bisa menjadi salah satu gaya belajar yang bisa dikembangkan di masa yang akan datang.
Pesan yang mau disampaikan pada studi tour ini adalah bahwa belajar itu tidak lagi menyangkut persoalan interaksi antara guru dan siswa, tapi juga interaksi antara guru, siswa dan realitas. Tindakan merefleksikan pengalaman hidup ke dalam tataran literer adalah kunci utama dalam pendidikan. Artinya, kita hidup dalam dunia yang semakin berkembang, berlari, dan berubah. Oleh sebab itu, tindakan belajar dari pengalaman, dan realitas adalah hal yang tak bisa diabaikan.

Jumat, 01 Juli 2011

Mekanika Kuantum

Mekanika Kuantum

Memahami Lensa & Cara Kerjanya


Dalam bidang fotografi, lensa merupakan elemen vital dari kamera yang berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap (sensor atau film pada kamera analog). Terdiri atas beberapa elemen lensa yang berjauhan yang bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda. Di bagian luar lensa fotografi pada umumnya ditempatkan tiga cincin pengatur, yaitu cincin panjang fokus (untuk lensa jenis variabel), cincin diafragma, dan cincin fokus.

Focal length lensa paling normal berukuran fokus sepanjang 50 mm atau 55 mm untuk kamera film berukuran 35 mm (full frame). Sudut pandang lensa ini hampir sama dengan sudut pandang mata manusia. Untuk memudahkan konsumen membayangkan bagaimana sudut gambar yang bisa dihasilkan, produsen biasanya menyertakan bilangan ekuivalen jika dibandingkan dengan kamera 35mm.

Terdapat 2 jenis panjang fokal lensa pada kamera digital: lensa tetap (fixed length) yang hanya memiliki satu focal length, dan lensa zoom yang memiliki mekanisme yang memungkinkan panjang fokusnya berubah-ubah. Panjang fokal yang bisa berubah-ubah ini bisa diperoleh dengan menggunakan susunan lensa yang rumit. Pada kamera digital kelas konsumer, perubahan susunan lensa ini digerakkan oleh motor. Sedangkan pada kamera DSLR yang digunakan profesional, BISA digerakkan secara manual.

Lensa dengan fokus yang pendek sering disebut lensa lebar (wide lens), digunakan untuk pemotretan obyek yang luas. Lensa jenis ini biasanya mempunyai lebar fokusnya 16-24mm atau mungkin lebih lebar lagi seperti 10-20mm. Lensa ini cocok untuk mengambil gambar pemandangan.

Kebalikannya untuk keperluan pengambilan gambar dengan jarak yang lebih jauh diperlukan lensa dengan focal length panjang (telephoto lens). Lensa ini dapat digunakan untuk memperoleh ruang tajam yang pendek dan dapat menghasikan prespektif wajah yang mendekati aslinya. Lensa ini biasanya berukuran 85mm, 135mm dan 200mm.

Susunan lensa ini akan memakan tempat yang cukup besar, oleh karena itu kamera digital dengan lensa zoom pada umumnya memiliki lensa yang menjulur kedepan. Semakin besar focal-length terbesarnya, semakin panjang pula moncong lensa. Moncong ini semakin panjang lagi jika kamera memiliki feature ‘Optical Image stabilizer’, dimana terdapat lensa tambahan yang dirancang untuk mengurangi efek akibat goncangan. Biasanya lensa dengan fasilitas ini diberi tambahan kode IS (pada EOS) atau VR (pada Nikon)

Bisanya fotografer menggunakan lensa sesuai dengan kebutuhannya. Bila ingin memotret benda atau objek yang dekat, atau memotret pemandangan, biasanya mereka menggunakan lensa normal atau lensa dengan sudut lebar. Namun bila fotografer ingin mengabadikan sebuah moment tertentu dengan jarak yang jauh, biasanya mereka menggunakan lensa tele. Dengan demikian, mereka tak perlu repot untuk membidik objek, dan kerja mereka akan semakin mudah.

Selain lensa normal dan lensa tele, ada juga jenis lensa lainnya yang biasa disebut dengan lensa variasi atau lensa special (special lense). Biasanya lensa ini digunakan untuk keperluan tertentu. Contohnya fish eye lens (lensa mata ikan - 180 derajat).

Bila fotografer ingin mengambil objek dengan ukuran kecil atau pemotretan berjarak dekat (mendekatkan pemotret ke objek), umumnya lensa yang dipakai adalah lensa makro. Lensa ini biasanya juga dipakai untuk keperluan reproduksi karena dapat memberikan kualitas prima dan distorsi minimal. Misalnya: untuk memotret bunga, serangga, dll. (berbagai sumber)

Selasa, 28 Juni 2011

Mengapa bisa ada Pelangi??

       Cahaya matahari adalah polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup menyerap paling tidak 7 (tujuh) warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna disebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu disisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang/ frekuensi/ indeks bias.
Pelangi tidak lain adalah busur spektrum yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca ( menguraikan cahaya putih yang datang menjadi komponen-komponen cahaya dalam butiran air hujan yang mengandung kristal-kristal butiran air ).. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda, memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yamg berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah dipaling atas dan ungu dipaling bawah pelangi. Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada diantara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

Senin, 27 Juni 2011

Apple Ipad: TV 3D

Apple Ipad: TV 3D: " Buy Now TV 3D 3D Technology Checklist This product is 3D-related. To help you get a great 3D experience, use the checklist below to ensur..."

Get Money from Internet

Free SEO Tools