Search Article

Rabu, 06 Juli 2011

Manfaat Study Tour

 PENDIDIKAN  tidak hanya persoalan mengajar dan diajar, mendidik dan dididik. Lebih jauh daripada itu, pendidikan adalah proses memahami, menerjemahkan dan mengolah realitas untuk dipergunakan demi kepentingan bersama. Oleh sebab itu, pendidikan butuh variasi dan metode baru untuk menyampaikan pesannya. Salah satu dari metode tersebut adalah studi tour.
Di beberapa sekolah, ada tren yang sudah lama melekat yakni studi Darmawisata. Kegiatan Darmawisata ini biasanya dilakukan pada kelas yang paling atas. Umumnya yang melakukan studi tour ini adalah siswa kelas XII SMA. Objek wisata yang biasanya dikunjungi adalah Bali, khususnya pantai kuta dan beberapa wilayah yang dihuji suku Bali asli. Memang ada objek-objek lain, tapi Bali tetap menjadi primadona untuk studi tour ini.
Studi tour ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan budaya lain kepada anak didik. Melalui studi tour mereka diajak untuk melihat, mempelajari dan memahami budaya yang berbeda secara langsung. Artinya, mereka harus berhadapan dengan berbagai fenomena budaya yang sama sekali asing dari sudut pandang mereka sebelumnya.
Namun, dengan mempelajari secara langsung budaya orang lain, para siswa diharapkan mampu mengenal beragam kekayaan budaya yang ada. Di sisi lain, mereka diharapkan juga belajar mengenal dan menerima perbedaan yang ada. Sebab, konsep tentang perbedaan atau pluralisme selama ini hanya sebatas teori di bangku-bangku sekolah. Kini, melalui studi tour, halhal yang selama ini masih abstrak bisa benar-benar menjadi bagian dari kehidupan mereka yang nyata.
Menariknya, studi tour ini bisa dimanfaatkan sebagai waktu untuk rekreasi sekaligus mempelajari pengetahuan baru. Gambaran tentang Bali pasti mengundang orang untuk memikirkan dan membayangkan keindahan Pulau dewata tersebut beserta keindahan Pantainya yang selama ini menjadi impian sebagian besar orang di dunia. Meskipun dalam realitasnya, Bali tidak hanya mempertontonkan keindahan alamnya, tapi juga kekayaan adatnya. Bisa dikatakan bahwa masyarakat Bali adalah salah satu masyarakat di Indonesia yang masih memegang teguh hukum adatnya.
Berdasarkan pengalaman penulis saat mendampingi anak-anak SMA yang lagi studi tour, penulis mendapatkan mereka cukup menikmati kegiatan ini. Walaupun tak bisa ditepis juga, bahwa beberapa di antara mereka menganggap studi tour itu sebagai bentuk rekreasi yang dibungkus dengan kata-kata pelajaran.Namun, secara tak sadar sebenarnya mereka telah memasuki alam budaya dan adat istiadat orang lain.
Yang lebih membuat penulis terheran-heran adalah ternyata ada banyak sekolah yang melakukan studi tour pada bulan yang sama yakni Oktober. Hal ini mengantisipasi UN yang tahun kemarin dilaksanakan lebih awal dari biasanya.
Selain mendapatkan pengetahuan baru dan rekreasi, studi tour juga membangun kebersamaan dan keakraban di antara para pelajar. Ihwal yang di luar dugaan adalah kepekaan dan rasa solidaritas terhadap teman yang tidak mampu memenuhi kewajibannya untuk bisa berangkat ikut studi tour karena  kekurangan biaya.
Dari pengalaman penulis sendiri, beberapa anak melakukan berbagai kegiatan untuk mendapatkan dana dan membantu teman mereka. Jiwa sosialnya ternyata tidak berhenti di situ, mereka juga menyisihkan sebagian uang saku untuk membantu temannya yang kekurangan. Hal ini sesuatu yang jarang ditemukan di antara siswa-siswi zaman sekarang. Situasi yang mendesak telah mampu menumbuhkan perasaan peduli di antara siswa-siswi tersebut.
Studi tour memang telah membuka mata dan telinga mereka akan eksistensi budaya orang lain dengan segala keunikan, perbedaan dan kekayaannya. Meskipun kita menyadari bahwa studi tour tidaklah mampu merepresentasikan kekayaan budaya bangsa kita. Akan tetapi, setidaknya metode belajar seperti ini bisa menjadi salah satu gaya belajar yang bisa dikembangkan di masa yang akan datang.
Pesan yang mau disampaikan pada studi tour ini adalah bahwa belajar itu tidak lagi menyangkut persoalan interaksi antara guru dan siswa, tapi juga interaksi antara guru, siswa dan realitas. Tindakan merefleksikan pengalaman hidup ke dalam tataran literer adalah kunci utama dalam pendidikan. Artinya, kita hidup dalam dunia yang semakin berkembang, berlari, dan berubah. Oleh sebab itu, tindakan belajar dari pengalaman, dan realitas adalah hal yang tak bisa diabaikan.

Jumat, 01 Juli 2011

Mekanika Kuantum

Mekanika Kuantum

Memahami Lensa & Cara Kerjanya


Dalam bidang fotografi, lensa merupakan elemen vital dari kamera yang berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap (sensor atau film pada kamera analog). Terdiri atas beberapa elemen lensa yang berjauhan yang bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda. Di bagian luar lensa fotografi pada umumnya ditempatkan tiga cincin pengatur, yaitu cincin panjang fokus (untuk lensa jenis variabel), cincin diafragma, dan cincin fokus.

Focal length lensa paling normal berukuran fokus sepanjang 50 mm atau 55 mm untuk kamera film berukuran 35 mm (full frame). Sudut pandang lensa ini hampir sama dengan sudut pandang mata manusia. Untuk memudahkan konsumen membayangkan bagaimana sudut gambar yang bisa dihasilkan, produsen biasanya menyertakan bilangan ekuivalen jika dibandingkan dengan kamera 35mm.

Terdapat 2 jenis panjang fokal lensa pada kamera digital: lensa tetap (fixed length) yang hanya memiliki satu focal length, dan lensa zoom yang memiliki mekanisme yang memungkinkan panjang fokusnya berubah-ubah. Panjang fokal yang bisa berubah-ubah ini bisa diperoleh dengan menggunakan susunan lensa yang rumit. Pada kamera digital kelas konsumer, perubahan susunan lensa ini digerakkan oleh motor. Sedangkan pada kamera DSLR yang digunakan profesional, BISA digerakkan secara manual.

Lensa dengan fokus yang pendek sering disebut lensa lebar (wide lens), digunakan untuk pemotretan obyek yang luas. Lensa jenis ini biasanya mempunyai lebar fokusnya 16-24mm atau mungkin lebih lebar lagi seperti 10-20mm. Lensa ini cocok untuk mengambil gambar pemandangan.

Kebalikannya untuk keperluan pengambilan gambar dengan jarak yang lebih jauh diperlukan lensa dengan focal length panjang (telephoto lens). Lensa ini dapat digunakan untuk memperoleh ruang tajam yang pendek dan dapat menghasikan prespektif wajah yang mendekati aslinya. Lensa ini biasanya berukuran 85mm, 135mm dan 200mm.

Susunan lensa ini akan memakan tempat yang cukup besar, oleh karena itu kamera digital dengan lensa zoom pada umumnya memiliki lensa yang menjulur kedepan. Semakin besar focal-length terbesarnya, semakin panjang pula moncong lensa. Moncong ini semakin panjang lagi jika kamera memiliki feature ‘Optical Image stabilizer’, dimana terdapat lensa tambahan yang dirancang untuk mengurangi efek akibat goncangan. Biasanya lensa dengan fasilitas ini diberi tambahan kode IS (pada EOS) atau VR (pada Nikon)

Bisanya fotografer menggunakan lensa sesuai dengan kebutuhannya. Bila ingin memotret benda atau objek yang dekat, atau memotret pemandangan, biasanya mereka menggunakan lensa normal atau lensa dengan sudut lebar. Namun bila fotografer ingin mengabadikan sebuah moment tertentu dengan jarak yang jauh, biasanya mereka menggunakan lensa tele. Dengan demikian, mereka tak perlu repot untuk membidik objek, dan kerja mereka akan semakin mudah.

Selain lensa normal dan lensa tele, ada juga jenis lensa lainnya yang biasa disebut dengan lensa variasi atau lensa special (special lense). Biasanya lensa ini digunakan untuk keperluan tertentu. Contohnya fish eye lens (lensa mata ikan - 180 derajat).

Bila fotografer ingin mengambil objek dengan ukuran kecil atau pemotretan berjarak dekat (mendekatkan pemotret ke objek), umumnya lensa yang dipakai adalah lensa makro. Lensa ini biasanya juga dipakai untuk keperluan reproduksi karena dapat memberikan kualitas prima dan distorsi minimal. Misalnya: untuk memotret bunga, serangga, dll. (berbagai sumber)

Selasa, 28 Juni 2011

Mengapa bisa ada Pelangi??

       Cahaya matahari adalah polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup menyerap paling tidak 7 (tujuh) warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna disebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu disisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang/ frekuensi/ indeks bias.
Pelangi tidak lain adalah busur spektrum yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca ( menguraikan cahaya putih yang datang menjadi komponen-komponen cahaya dalam butiran air hujan yang mengandung kristal-kristal butiran air ).. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda, memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yamg berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah dipaling atas dan ungu dipaling bawah pelangi. Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada diantara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

Senin, 27 Juni 2011

Apple Ipad: TV 3D

Apple Ipad: TV 3D: " Buy Now TV 3D 3D Technology Checklist This product is 3D-related. To help you get a great 3D experience, use the checklist below to ensur..."

Sabtu, 18 Juni 2011

Senin, 13 Juni 2011

Persamaan-Schrodinger

Persamaan-Schrodinger

Jumat, 10 Juni 2011

Apple Ipad: Apple iPod touch 32 GB (4th Generation) NEWEST MOD...

Apple Ipad: Apple iPod touch 32 GB (4th Generation) NEWEST MOD...: "Apple iPod touch 32 GB (4th Generation) NEWEST MODEL Buy Now......! See friends while you talk to them with FaceTime. Shoot, edit, and..."

Selasa, 07 Juni 2011

Belajar Fisika: Kecepatan dan Percepatan

Belajar Fisika: Kecepatan dan Percepatan: "Kecepatan ada besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat benda berpindah. Besar dari vektor ini disebut dengan kelajuan dan dinyatakan ..."

Get Money from Internet

Free SEO Tools